Mahasiswa IAIB Kampus Cianjur, Dirikan Tempat Belajar Bersama Program Studi HKI

INFONEWS TV
Minggu, 22 September 2024 | 19:27 WIB Last Updated 2024-09-22T12:35:02Z
Foto: Dok. IN. Tempat tinggal Asep Moryana 

INFONEWS | CIANJUR - Mahasiswa Institut Agama Islam Bogor (IAIB) Kampus Cianjur untuk mempermudah pembelajaran mata kuliah Hukum Keluarga Islam (HKI), sekaligus menjadi sarana untuk bersilaturahmi antar mahasiswa, sekelompok mahasiswa berinisiatif mendirikan tempat belajar bersama.

Ide tersebut digagas oleh Asep Moryana salah satu mahasiswa IAIB Kampus Cianjur, dan didukung oleh 12 rekan-rekannya. Minggu (22/9/2024).

Tempat belajar bersama tersebut bertempat di kediaman Asep Moryana Perumahan Muslim Tasnim Desa Sabandar Kecamatan Karangtengah Kabupaten Cianjur. Demi untuk kemaslahatan bersama Asep Moryana rela tempat tinggalnya di jadikan Sekretariat Belajar Bersama Program Studi HKI semester satu.

"Berjumlah sekitar 13 orang prodi HKI kelompok B/2 berkumpulnya selalu dirumah saya, karena itulah kemudian muncul ide mengadakan sekretariat belajar bersama. Alhamdulillah ide saya ini kemudian didukung teman-teman," ungkap Asep Moryana Jumat (20/9/2024).

Disinggung awak media Infonews terkait tujuan di dirikan nya sekretariat Kelompok Belajar B/2 HKI. Ia menjelaskan.

"Tujuannya untuk mempermudah mahasiswa menyerap materi mata kuliah, selain itu juga menjadi sarana silaturahmi dan diskusi antar mahasiswa IAIB Kampus Cianjur Program Studi HKI," jawabnya.

Lanjut Asep yang juga menjabat ketua erte dilingkungan tempat tinggalnya; "Dengan adanya sekretariat belajar bersama kegiatan belajar mengajar secara daring ataupun zoomeet perkuliahan bisa dilaksanakan bersama sama di tempat yang sama," uraianya.
Foto: Dik. IN. Diskusi para mahasiswa IAIB Kampus Cianjur 

"Semenjak berdirinya sekre ini, sudah beberapa kali di adakan aktivitas perkuliahan online," ucapnya.

Lebih lanjut Asep mengatakan, dengan adanya tempat seperti ini, teman teman mengaku lebih nyaman, baik itu dalam membahas mata kuliah, diskusi, debat dan lain lain.

"Bahkan dengan cara seperti ini teman teman mengaku lebih mudah dalam mempelajari materi mata kuliahnya," akunya. 

Ia juga menjelaskan, karena tempat berkumpulnya kami ini berada di pemukiman masyarakat, agar tidak menimbulkan pertanyaan dan prasangka negatif dari masyarakat, sebelumnya sudah kami sampaikan kegiatan kami ini kepada masyarakat sekitar.

"Kegiatan belajar mengajar daring sudah ada jadwalnya, di mulai dari hari Senin s/d Sabtu, dimulai dari pukul 16.00 s/d 17.00 WIB. Dan 19.00 s/d 20.30 WIB, sedangkan untuk hari Sabtu ada 2 mata pelajaran, semua kegiatan tersebut diketahui masyarakat setempat," bebernya.

"Dan mereka faham, ini kegiatan perkuliahan, bukan kegiatan yang mencurigakan," sambungnya.

(Indra)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mahasiswa IAIB Kampus Cianjur, Dirikan Tempat Belajar Bersama Program Studi HKI

Trending Now